Profil Wilayah Desa

Administrator

GAMBARAN UMUM KONDISI DAN POTENSI DESA

(PROFIL DESA)

 

  • SELAYANG PANDANG/SEJARAH DESA

       Desa Kutampi adalah secara geografis terletak di perbukitan dengan ketinggian 150 meter diatas permukaan laut. Dengan kondisi wilayah yang terbentang dari utara ke selatan. Keindahan panorama alam dengan latar belakang pegunungan dari pandangan yang lepas dari selat Bali kemudian lurus kehijauan Gunung Agung rupanya sangat memberi pengaruh karakteristik kehidupan religious, social dan budaya, masyarakat. Akses yang begitu cepat dari pertumbuhan ekonomi akibat menjadi poin tersendiri karena pemilihan profesi yang beragam.

     Secara histories komonitas yang ada di dalamnya sebagian besar adalah penduduk yang telah lama menempati wilayah kutampi ini adapun beberapa migrant tetapi merupakan perpindahan dari penduduk sekitarnya saja. Sehingga ditinjau dari social budaya, adat, hampir sama antara satu tempat dengan tempat lainnya. Adapun perbedaannya hanyaalah masalah prestasi dan tingkat perkembangan dimasing-masing tempat. Karena mereka rata-rata pemeluk satu agama yaitu Agama Hindu.

Dalam bidang ekonomi: kehidupan masyarakat Desa Kutampi tidaklah disebut makmur tetapi hanya ketebalan keyakinan terhadap Sesuunan atau Tuhan Yang Maha Esa membuat mereka tidak lantas menjadi malas. Mereka berusaha keluar dari himpitan ekonomi demi terjalinnya proses integralitas dalam suatu organisasi kemasyarakan. Sehingga suatu usaha yang dilakukan dengan melaksanakan penggalian –penggalian ekonomi yang dapat menunjang kebutuhan hidup dan kepercayaan hidup.

 

     Kemudian dari konsep pengembangan wilayah yang walaupun belum begitu merata akibat adanya keterbatasan-keterbatasan namun segala sesuatunya hamper berjalan dengan baik. Adapun perkembangan pembangunan yang telah berkembang dan semakin meningkat berkat para tokoh yang telah memperjuangkan Desa Kutampi ini.

 

  • KONDISI DESA 
    • Kondisi fisik

        Secara topografi, Desa Kutampi Kecamatan Nusa penida Kabupaten Klungkung merupaka daerah perbukitan dengan ketinggian rata-rata 150 meter dari permukaan laut curah hujannya relative rendah dengan batas wilayah administrative sebagai berikut:

  • Sebelah Utara berbatasan dengan Desa kutampi Kaler dan Batununggul
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Batununggul dan Desa Suana
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Batukandik
  • Sebelah Barat berbatasa dengan Desa Kutampi Kaler

                       Luas wilayah Desa Kutampi 13,14 Km2  Secara Administrative Desa Kutampi terbagi atas enam Dusun Dinas yang meliputi Dusun Dinas Jurang Pahit, Dusun Dinas Gelagah, Dusun Dinas Bayuh, Dusun Dinas Ponjok, Dusun Dinas Pulagan dan Dusun Dinas Jurangaya.

        Penggunaan lahan wilayah Desa Kutampi sekarang dipilih menjadi daerah pemukiman adalah 48,75 ha, perkebunan atau tegalan 379,72 ha, tanah fasilitas umum 40 are, perkantoran pemerintah 1,72 are,

        Desa Kutampi memiliki jalan sepanjang 18,5 Km dengan rincian jalan kabupaten 10 Km dan jalan Desa 4 Km, jalan Dusun 2,5 Km, dan kondisi teraspal 16, 5 Km dan belum teraspal 2 Km.

  • Kondisi Sosial Budaya

 

        Jumlah penduduk Desa 3794 orang berdasarkan hasil laporan SIAK tahun 2015, terdiri dari 1901 orang laki-laki dan jumlah perempuan 1893 oarang, Kepala  Keluarga 913 KK, dengan jumlah RTM 235 dengan 675 orang anggota keluarganya.

 

        Struktur penduduk menurut pendidikan menunjukkan kwalitas sumberdaya manusia yang dipunyai Desa Kutampi dari usia 7-45 tahun adalah: tamat SD 215 orang, tamat SLTP 92 orang, tamat SLTA 72 orang, tamatan D1 6 orang, tamatan D2 20 orang, tamatan D3 3 orang,tamatan S1 40 orang, S2 1 orang, masih sekolah umur 7-15 tahun dengan masih sekolah 365 orang, yang tidak sekolah 282 orang.

        Struktur penduduk menurut mata pencaharian menunjukkan bahwa sebagian besar penduduk menggantungkan hidup dari sector pertanian menurut KK 80%, kemudian perdagangan/wiraswasta/pengusaha 8%, pegawai Negeri 6%, TNI/POLRI 0,2% orang, supir 0,5%, Kontraktor 0,3%, tukang kayu 2%, tukang batu 2%.

        Struktur penduduk menurut Agama menunjukkan penduduk 100% memeluk Agama Hindu. Struktur penduduk dari ketenagakerjaan dari jumlah penduduk total berpeluang tenaga kerja adalah 100 orang.

 

        Kebudayaan daerah Desa Kutampi tidak terlepas dan diwarnai oleh Agama Hindu dengan Konsep “Tri Hita Karana” (hubungan selaras dan serasi, seimbang) antara manusia dengan Tuhannya, antara manusia dengan manusia, antara manusia dengan lingkungannya.

  • Kondisi Ekonomi

        Struktur perekonomian Desa Kutampi masih bercocok agraris yang menitikberatkan pada sector pertanian dan peternakan. Hal yang didukung oleh penggunaan lahan pertanian masih menjadi porsi yang terbesar 80% dari total penggunaan lahan Desa juga 80% mata pencaharian penduduk pada sector pertanian, dalam hal ini komoditi yang paling menonjol adalah tanaman jagung dengan luas lahan pertanian adalah 55 ha dengan hasil per hektar adalah Rp 35.000.

 

        Pada sector perdagangan masih belum begitu mendukung yang berdasarkan gambaran social budaya yang diatas itu karena masih terbentur permodalan yang padahal potensi ini sangat membaik perkembangannya.

        Kemudian sector jasa belum begitu Nampak karana system lembaga pengkreditan masih belum bias dipulihkan karena bermasalah ( masalah LPD), kemudian usaha ekonomi Desa belum begitu berkembang karena terbentur penguatan modal padahal kreditnya lancer.

 

  • Kondisi kelembagaan

        Struktur kelembagaan di desa disamping kelembagaan secara administrative dan kelembagaan Desa Pekraman yaitu ada lembaga yangt muncul karena adanya motiv ekonomi, budaya, kesehatan ,politik, dan pendidikan.

        Kelembagaan dari pemerintah Desa antara lain: Pemerintah Desa, BPD, LPM, PKK Desa, PKK Dusun, Dari ekonomi adalah ; Kelompok Usaha kecil, Kelompok Gotong-royong, Kelompok Tani, Usaha ekonomi Desa, Koprasi 3 Unit. Dan dari pendidikan adalah: Komite sekolah, kemudian dari kesehatan yaitu posyandu, kemudian dari segi sisi budaya; Sekhe Santi, Sanggar Seni, Sekhe Gong, dan Barungan. Dari sisi social dan politik Organisasi kepemudaan, Lembaga Subak Abian, dan dari kelembagaan Politik yaitu, partai Golkar, Partai Demokrat, dan Partai PDI.

 

  • Kodisi Musim

Desa Kutampi ditinjau dari kondisi musim yaitu:

 Musim hujan berkisar antara bulan Juni-September

Musim kemarau berkisar antara bulan Juni-September

Catatan kondisi ini tidak menentu yang rata-rata musim kemarau lebih panjang sementara pada musim hujan curahnya sangat rendah.

 

  • POTENSI DESA

         Beberapa potensi desa yang dapat dijadikan modal dasar pembangunan Desa Kutampi dalam kurun waktu yang mendatang adalah sebagai berikut:

 

  1. Suber Daya Alam, lahan yang pertanian yang cukup luas, galian batu paras, dan untuk perkembangan peternakan, serta pengembangan biogas berasal dari pupuk kandang, serta lahan hijau, serta lahan perbukitan yang masih tandus jika di konservasi akan membantu pertanian dengan mendatangkan curah hujan yang lebih baik.

Sumber daya yang begitu banyak, dengan jumlah penduduk yang banyak dengan usia yang masih produktif dan potensi untuk trampil jika diadakan suatu pembinaan.

3 Peta Desa Kutampi

Dokumen Lampiran: Visi Dan Misi Desa Kutampi

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini. Gunakan bahasa yang santun dan komentar baru terbit setelah disetujui Admin.

CAPTCHA Image
[ Ganti Gambar ]
Isikan kode di gambar

Pengaduan Online

Peta Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

Aparatur Desa

PERBEKEL SEKRETARIS DESA KASI PEMERINTAHAN KAUR KEUANGAN KASI KESRA KAUR UMUM KAUR PERENCANAAN KASI PELAYANAN KLIAN BANJAR DINAS KLIAN BANJAR DINAS KLIAN BANJAR DINAS KLIAN BANJAR DINAS KLIAN BANJAR DINAS STAF DESA

Info Media Sosial

Facebook

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Komentar Terkini